TEACHER BOOK • MY NEXT WORDS FOR ELEMENTARY SCHOOL • 4


─────────────────────────────

• Judul: 

My Next Words Grade 4 – Buku Guru untuk SD Kelas IV  

• Judul Asli: 

Teacher Book • My  Next Words for Elementary School • 4


──────────────────────────────

Pengarang/Penulis/Penyusun  

──────────────────────────────

• Pengarang/Penulis: EYLC Team  

• Penyadur: Lili Nailufary, Lilin Rahmawati


──────────────────────────────

Penyunting/Editor/Setting  

──────────────────────────────

• Penyunting: Hendytio Rumbiono


──────────────────────────────

Ilustrator/Penata Letak/Desain Sampul/Layouter  

──────────────────────────────

• Ilustrator: Imam Kr Moncol  

• Penata Letak/Desain: Dewi Pratiwi


──────────────────────────────

Penanggungjawab  

──────────────────────────────

• Bertanggung jawab melalui koordinasi: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (melalui Pusat Perbukuan dan Kurikulum)


──────────────────────────────

Penerjemah  

──────────────────────────────

• Penerjemah: (Tidak ada informasi)


──────────────────────────────

Penelaah  

──────────────────────────────

• Penelaah Substansi:  

  – Itje Chodidjah  

  – Ika Lestari Damayanti  

  – Pipit Prihartanti Suharto  

• Pengembang Capaian Pembelajaran: Windy Hastasasi


──────────────────────────────

Pengubah  

──────────────────────────────

• Pengubah: (Tidak ada informasi)


──────────────────────────────

Edisi ke dan Cetakan ke  

──────────────────────────────

• Edisi: (Berdasarkan keterangan, dapat diasumsikan edisi pertama)  

• Cetakan: Cetakan pertama


──────────────────────────────

Info Detail Spesifik  

──────────────────────────────

• Tipografi: Menggunakan huruf Myriad Pro, Minion Pro, Arial Rounded MT Bold, Lato (ukuran 10/13 pt)  

• Fisik: x, 88 halaman; dimensi 25 cm


──────────────────────────────

Genre/Kategori  

──────────────────────────────

• Genre/Kategori: Buku Pendidikan / Buku Guru Bahasa Inggris untuk SD


──────────────────────────────

Deskripsi Singkat Berdasarkan Daftar Isi  

──────────────────────────────

Buku Guru ini menyajikan unit-unit pembelajaran bahasa Inggris untuk siswa kelas IV SD. Materi yang disajikan mencakup pengenalan aktivitas sehari-hari (misalnya “What are you doing?”, “There are 67 English Books”), deskripsi ruangan, pengenalan angka, serta penggunaan preposisi dan kosa kata dasar. Setiap unit dilengkapi dengan tujuan pembelajaran, fokus bahasa, dan kerangka kegiatan yang mendukung proses pengajaran secara sistematis.


──────────────────────────────

GMD Perpustakaan  

──────────────────────────────

• GMD: (Tidak tersedia/keterangan tidak disebutkan)


──────────────────────────────

Tipe Isi, Tipe Media, Tipe Pembawa  

──────────────────────────────

• Tipe Isi: Teks dan ilustrasi  

• Tipe Media: Buku cetak  

• Tipe Pembawa: Kertas


──────────────────────────────

ISBN  

──────────────────────────────

• ISBN untuk jilid lengkap: 978-602-244-508-1  

• ISBN untuk jilid 4: 978-602-244-510-4


──────────────────────────────

Penerbit, Tahun Terbit, Tempat Terbit  

──────────────────────────────

• Penerbit: Pusat Kurikulum dan Perbukuan  

     (Bersama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan serta Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi)  

• Tahun Terbit: 2021  

• Tempat Terbit: (Tidak disebutkan)


──────────────────────────────

Deskripsi Fisik  

──────────────────────────────

• Format: x, 88 halaman  

• Dimensi: 25 cm  

• Tipografi: Menggunakan Myriad Pro, Minion Pro, Arial Rounded MT Bold, Lato (10/13 pt)


──────────────────────────────

Judul Seri  

──────────────────────────────

• Judul Seri: (Jika dianggap sebagai bagian dari seri, dapat diasumsikan “My Next Words”)


──────────────────────────────

Klasifikasi DDC Edisi 23 Perpustakaan Berdasarkan Daftar Isi  

──────────────────────────────

• Berdasarkan sifat dan tujuan buku—yaitu sebagai buku pegangan guru untuk pengajaran bahasa Inggris di tingkat Sekolah Dasar—penentuan klasifikasi DDC Edisi 23 dapat ditempatkan pada 371.3. Nomor ini umumnya digunakan untuk buku yang berkaitan dengan pendidikan dasar dan buku pegangan guru. Perlu diingat bahwa penerapan nomor DDC dapat bervariasi antar perpustakaan sesuai dengan kebijakan masing-masing.


──────────────────────────────

Tajuk Subjek Berdasarkan Daftar Isi  

──────────────────────────────

• Tajuk Subjek:  

  – Pendidikan Bahasa Inggris  

  – Aktivitas sehari-hari dan deskripsi ruangan  

  – Kegiatan di rumah dan sekolah  

  – Penggunaan preposisi dan pengenalan angka


──────────────────────────────

Bahasa  

──────────────────────────────

• Bahasa: Bahasa Indonesia (dengan sisipan istilah bahasa Inggris)


──────────────────────────────

Penulisan Bibliografi Beranotasi  

──────────────────────────────


MLA:  

 EYLC Team. My Next Words Grade 4: Buku Guru untuk SD Kelas IV. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, 2021.  

 Anotasi: Buku ini merupakan panduan lengkap bagi guru bahasa Inggris di tingkat SD, menyajikan unit pembelajaran yang sistematis dengan tujuan dan fokus bahasa yang jelas, serta dilengkapi dengan ilustrasi dan petunjuk pengajaran yang mendukung proses pembelajaran di kelas.


APA:  

 EYLC Team. (2021). My Next Words Grade 4: Buku Guru untuk SD Kelas IV. Pusat Kurikulum dan Perbukuan.  

 Anotasi: Teacher’s book ini menyediakan panduan terstruktur untuk pengajaran bahasa Inggris di sekolah dasar, memuat unit pembelajaran dengan objektif yang terdefinisi serta materi pendukung untuk meningkatkan kualitas pengajaran di kelas.


Chicago:  

 EYLC Team. 2021. My Next Words Grade 4: Buku Guru untuk SD Kelas IV. Pusat Kurikulum dan Perbukuan.  

 Anotasi: Karya ini berfungsi sebagai buku panduan komprehensif bagi guru bahasa Inggris tingkat sekolah dasar, menyajikan materi unit yang terperinci, tujuan pembelajaran, dan fokus bahasa yang dapat mendukung praktik pengajaran secara efektif.


───────────────────────────


Abstrak:  

Buku Guru My Next Words Grade 4 merupakan panduan komprehensif yang dirancang untuk mendukung pengajaran bahasa Inggris di tingkat Sekolah Dasar, khususnya untuk kelas IV. Buku ini disusun dengan tujuan memberikan kerangka kerja pembelajaran yang sistematis, dengan mengintegrasikan berbagai aspek bahasa mulai dari pengenalan kosakata dasar hingga struktur tata bahasa yang kompleks, serta penerapan konsep-konsep tersebut dalam konteks kegiatan sehari-hari. Disusun dalam dua semester, buku ini menghadirkan unit-unit pembelajaran yang terstruktur secara runtut, sehingga memudahkan guru dalam mengimplementasikan strategi pengajaran yang interaktif dan kontekstual.

Pada semester pertama, materi pembelajaran berfokus pada pengenalan aktivitas sehari-hari dan lingkungan rumah. Unit-unit seperti "What are you doing?", "There are 67 English Books", "My Living Room is Beside the Kitchen", "Cici Cooks in The Kitchen", "Where is My Pencil?", "The Stove is in The Kitchen", dan "I Can Make Fried Egg in The Kitchen" disajikan dengan tujuan agar siswa dapat mengungkapkan kegiatan dengan menggunakan bentuk verb-ing, membuat kalimat deskriptif, serta mengenali dan menghitung angka antara 50 hingga 100. Pendekatan kontekstual yang diterapkan membantu siswa untuk mengaitkan materi pembelajaran dengan pengalaman sehari-hari mereka, sehingga meningkatkan pemahaman dan penerapan bahasa Inggris dalam situasi nyata. Setiap unit dilengkapi dengan tujuan pembelajaran yang spesifik serta fokus bahasa yang menyoroti penggunaan preposisi dan struktur kalimat yang tepat.

Semester kedua mengalihkan fokus pada rutinitas harian yang berkaitan dengan konsep waktu dan kegiatan di luar rumah. Unit-unit seperti "Be On Time", "I Go to School after Having Breakfast", "He Always Gets Up at 5 O'clock", "How Do You Go to School?" dan "He Goes to School by Bike" dirancang untuk memperkenalkan siswa pada konsep waktu, adverb of frequency, serta ragam kendaraan yang umum digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Materi ini mendukung pengembangan kemampuan berbicara, mendengarkan, dan memahami instruksi yang berkaitan dengan rutinitas, serta mendorong siswa untuk mengungkapkan pengalaman pribadi mereka secara lisan. Penyajian materi melalui Language Focus yang mendetail memungkinkan guru menekankan perbedaan penggunaan kata seperti "like" dan "likes" serta penguasaan struktur tanya dan pernyataan dalam bahasa Inggris.

Selain penyusunan unit pembelajaran yang terperinci, buku ini juga dilengkapi dengan petunjuk pengajaran, ilustrasi pendukung, dan desain tata letak yang menarik sehingga memfasilitasi proses belajar mengajar yang efektif. Dengan tipografi yang konsisten dan format fisik buku yang mendukung (88 halaman, dimensi 25 cm), sumber belajar ini disusun berdasarkan standar kurikulum nasional yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Hal ini menjamin relevansi dan kualitas materi yang disajikan, sehingga buku ini menjadi alat bantu yang inovatif dan praktis bagi guru dalam meningkatkan kompetensi bahasa Inggris siswa. Secara keseluruhan, Buku Guru My Next Words Grade 4 merupakan referensi penting yang mengintegrasikan teori dan praktik dalam pembelajaran bahasa, serta berperan strategis dalam memfasilitasi proses pengajaran yang interaktif dan menyenangkan.


Kata Kunci: 

Bahasa Inggris, Pendidikan Dasar, Buku Guru, Pembelajaran Terpadu, Aktivitas Sehari-hari, Verb-ing, Preposisi, Adverb of Frequency, Unit Pembelajaran, Kurikulum Nasional


───────────────────────────


Berdasarkan daftar isi dan konten yang termuat, file ini bukanlah buku koleksi referensi perpustakaan, melainkan buku guru yang dirancang untuk mendukung pengajaran bahasa Inggris di tingkat SD kelas IV. Buku ini berisi unit-unit pembelajaran, tujuan, dan petunjuk pengajaran yang spesifik untuk kegiatan kelas, yang berbeda dengan buku referensi perpustakaan yang umumnya digunakan sebagai sumber informasi umum atau rujukan. 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Jilid 3 untuk Sekolah Menengah Pertama Kelas IX

IPS SEJARAH 3 UNTUK KELAS 3 SLTP • DIKEMBANGKAN DAN DISESUAIKAN DENGAN KURIKULUM SLTP/GBPP 1994

SEJARAH ULAMA BESAR KALIMANTAN • MAULANA SYEKH MUHAMMAD ARSYAD AL-BANJARI 1122-1227 H-1710-1812 M • RIWAYAT DATUK KALAMPAYAN