Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Jilid 3 untuk Sekolah Menengah Pertama Kelas IX
### Informasi Bibliografi Berdasarkan Dokumen:
1. **Judul**:
**Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Jilid 3 untuk Sekolah Menengah Pertama Kelas IX**
2. **Pengarang/Penulis/Penyusun**:
- Choeroni, M.Ag., M.Pd.I (Al-Hafiz)
- Muh. Syafrudin, S.Ag.
3. **Penyunting/Editor/Setting**:
- Editor Ahli: H. Zarkasi, MA. (Al-Hafiz)
- Editor: Drs. Faisol
- Setting dan Layout: Bagian Produksi Penerbit Erlangga
4. **Ilustrator/Penata Letak/Desain Sampul/Layouter**:
- Desain Sampul: Bambang Triatmoko
- Penata Letak/Desain: Departemen Setting Bupel 2
5. **Penanggung Jawab**:
Penerbit Erlangga
6. **Penerjemah/Pengubah**:
Tidak disebutkan
7. **Edisi Ke**:
Edisi 2016
8. **Cetakan Ke**:
Tidak disebutkan, hanya tercantum angka "21 20 19 18" yang dapat mengindikasikan cetakan sebelumnya.
9. **Info Detail Spesifik**:
Berdasarkan Kurikulum 2013, Revisi 2016.
10. **Genre/Kategori**:
Buku Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)
11. **Deskripsi Singkat Berdasarkan Daftar Isi**:
Buku ini membahas materi pendidikan agama Islam meliputi aspek akidah, ibadah, akhlak, dan sejarah Islam sesuai kurikulum. Ada fitur pembelajaran seperti peta konsep, materi inti, kajian tajwid, amalan siswa, tafakur, rangkuman, dan ulangan akhir bab.
12. **GMD Perpustakaan**:
Buku Teks
13. **Tipe Isi, Tipe Media, Tipe Pembawa**:
- Tipe Isi: Teks
- Tipe Media: Tanpa media (unmediated)
- Tipe Pembawa: Volume
14. **ISBN**:
978-602-298-844-1
15. **Penerbit, Tahun Terbit, Tempat Terbit**:
- Penerbit: Penerbit Erlangga
- Tahun Terbit: 2018
- Tempat Terbit: Jakarta
16. **Deskripsi Fisik**:
- Dimensi: Tidak disebutkan
- Halaman: Tidak disebutkan jumlah total halaman secara eksplisit
17. **Judul Seri**:
Tidak disebutkan
18. **Klasifikasi DDC Edisi 23**:
**297.1** - Islam
19. **Tajuk Subjek Berdasarkan Daftar Isi**:
- Pendidikan Agama Islam
- Optimisme, Ikhtiar, dan Tawakal
- Toleransi dan Menghargai Perbedaan
- Iman kepada Hari Akhir dan Qadha-Qadar
- Akhlak: Jujur, Hormat, Sopan Santun
- Ibadah Zakat, Haji, dan Penyembelihan Hewan
- Sejarah Perkembangan Islam di Nusantara
20. **Bahasa**:
Bahasa Indonesia
---
Berikut adalah bibliografi beranotasi yang lebih rinci, dengan pembahasan mendalam mengenai buku:
### **Bibliografi Beranotasi**
#### **MLS Style**
Choeroni, M.Ag., M.Pd.I., & Muh. Syafrudin, S.Ag. (2018). *Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Jilid 3 untuk Sekolah Menengah Pertama Kelas IX*. Jakarta: Penerbit Erlangga.
**Anotasi**:
Buku ini merupakan bahan ajar untuk siswa kelas IX Sekolah Menengah Pertama, disusun berdasarkan Kurikulum 2013 yang telah direvisi pada tahun 2016. Tujuannya adalah membekali siswa dengan pengetahuan agama Islam yang meliputi aspek akidah, ibadah, akhlak, dan sejarah Islam. Struktur buku dibagi ke dalam 13 bab yang memuat nilai-nilai keimanan seperti optimisme, tawakal, dan iman kepada Qadha dan Qadar, disertai dalil-dalil pendukung. Selain itu, tema akhlak seperti jujur, menghormati guru, tata krama, dan sopan santun mendapatkan perhatian khusus. Pembahasan teknis mengenai zakat, haji, umrah, dan penyembelihan hewan memberikan panduan praktis bagi siswa.
Fitur-fitur tambahan seperti rangkuman, evaluasi, *Mutiara Hadis*, *Wawasan Islami*, dan *Tafakur* dirancang untuk mendorong siswa memahami dan mengamalkan ajaran Islam. Buku ini mengintegrasikan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik sesuai dengan prinsip *rahmatan lil ‘alamin*, sehingga cocok sebagai panduan belajar siswa dan guru di sekolah.
#### **APA Style**
Choeroni, M.Ag., M.Pd.I., & Syafrudin, M. (2018). *Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Jilid 3 untuk Sekolah Menengah Pertama Kelas IX*. Jakarta: Penerbit Erlangga.
**Anotasi**:
Dirancang untuk mendukung pembelajaran berbasis kompetensi, buku ini menawarkan pendekatan kontekstual yang memadukan pembelajaran agama Islam dengan pembentukan karakter siswa. Setiap bab diawali dengan peta konsep yang memudahkan siswa memahami garis besar materi. Buku ini menekankan pentingnya akhlak Islami melalui pembahasan mendalam tentang kejujuran, rasa malu, menghormati orang tua, dan tata krama. Ibadah praktis seperti zakat, haji, dan penyembelihan hewan juga dibahas secara rinci, dilengkapi dalil-dalil dan kajian tajwid untuk memperkuat pemahaman siswa.
Buku ini tidak hanya berorientasi pada aspek kognitif tetapi juga mendorong siswa untuk mengamalkan ilmunya melalui fitur seperti *Amalan Siswa* dan *Aku Aktif*. Kehadiran bab sejarah Islam Nusantara memberikan wawasan kontekstual tentang kontribusi Islam di Indonesia. Buku ini menjadi panduan penting untuk mendukung pendidikan agama berbasis kurikulum di tingkat SMP.
Choeroni, M.Ag., M.Pd.I., dan Muh. Syafrudin, S.Ag. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Jilid 3 untuk Sekolah Menebgah Pertama Kelas IX. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2018.
Buku ini terdiri dari 13 bab yang mencakup beragam tema, dimulai dari penguatan nilai-nilai optimisme, ikhtiar, dan tawakal dalam Islam. Bab awal memuat pembahasan tentang pengertian, dalil-dalil, serta implementasi nilai-nilai tersebut. Selain itu, bab ini mengajarkan hikmah yang dapat dipetik dari perilaku optimisme, usaha, dan kepasrahan kepada Allah. Bab berikutnya berfokus pada toleransi dan menghargai perbedaan, yang dijelaskan melalui dalil Al-Qur'an dan hadis serta aplikasinya dalam kehidupan bermasyarakat.
Selanjutnya, pembahasan mengarah ke topik penting dalam akidah Islam, yaitu iman kepada Hari Akhir dan Qadha-Qadar. Buku ini menjelaskan secara rinci dalil-dalil terkait, macam-macam takdir, serta hikmah dan perilaku yang mencerminkan keimanan tersebut. Bab lainnya membahas akhlak mulia, seperti kejujuran, tata krama, rasa malu, menghormati, dan menaati orang tua serta guru.
Pada aspek ibadah, buku ini mengulas ketentuan zakat fitrah dan mal, ibadah haji dan umrah, serta penyembelihan hewan dalam Islam, mencakup praktik teknis hingga hikmah ibadah tersebut. Pembelajaran sejarah Islam juga menjadi bagian penting dalam buku ini, dengan penekanan pada masuknya Islam ke Nusantara, perkembangannya di Indonesia, peran umat Islam, serta tradisi lokal dan apresiasi budaya.
Setiap bab dilengkapi dengan peta konsep, rangkuman, evaluasi, dan fitur-fitur khusus seperti Mutiara Hadis, Wawasan Islami, dan Tafakur, yang dirancang untuk memperkuat pemahaman siswa. Buku ini berupaya menciptakan harmoni antara ilmu dan amal, serta mendidik siswa agar menjadi individu yang berbudi pekerti luhur.
Komentar
Posting Komentar